Sistem multimedia dapat
direpresentasikan dengan menggunakan sebuahstoryboard. Storyboard ini mempunyai
thumbnail, deskripsi ataupun gambar setiap screendari sistem yang ingin dibuat.
Storyboard dapat menampilkan layar navigasi, informasi yang ingin disampaikan,
dan apa yang ditunjukkan oleh grafik atau gambar. Tujuan dari storyboard adalah
untuk menyeimbangkan struktur multimedia antara bagaimana informasi tersebut
disampaikan kepada pengguna dan kemudahan untuk menggunakan sistem multimedia tersebut.
1. Linier
Storyboard jenis linier ini
digunakan pada saat pengguna ingin melihat informasi dalam urutan yang tetap.
Pengguna hanya diperbolehkan untuk bergerak maju atau mundur. Ciri-cirinya
berbentuk sederhana, bersifat logis, dan cocok untuk produk-produk kecil.
2. Hirarkis
Storyboard jenis hirarkis
memungkinkan pengguna untuk melihat materi yang dipresentasikan secara mendalam
untuk topik-topik tertentu. Informasi masih dipresentasikan dalam model linier,
tetapi pengguna dapat memilih topik-topik tertentu yang ingin disampaikan,
tidak hanya bergerak maju atau mundur seperti model linier. Ciri-cirinya
memiliki menu indeks pada tampilan awal, mudah untuk dipahami. Model hirarkis ini
cukup umum digunakan orang.
3. Non-linier Storyboard
Jenis ini memungkinkan pengguna
untuk bergerak bebas di antara materi-materi selama presentasi. Kebanyakan
presentasi yang menggunakan model ini biasanya memiliki sifat yang interaktif,
misalnya menyajikan permainanpermainan. Ciri-cirinya adalah bersifat sangat
fleksibel.
4. Kombinasi
Berjenis kombinasi atau sering juga
disebut komposit ini, berbentuk gabungan dari bagian-bagian model linier,
hirarkis, dan juga non-linier. Contoh sederhana yaitu presentasi yang
menggunakan model linier untuk topik pengenalan, model hirarkis untuk memilih
topik-topik utama yang ingin disampaikan, dan terakhir yaitu model non-linier
untuk menjelaskan topic utama yang dipilih secara terperinci.
Alasan
mengapa menggunakan sistem multimedia
•
Memberikan Kemudahan penggunaan
•
Interface Intuitif
•
Immersive Pengalaman
•
Self-paced Interaksi dan Retensi Lebih Baik
•
Pemahaman konten yang lebih baik
•
Lebih menyenangkan = lebih efisien
APLIKASI MULTIMEDIA PADA BIDANGNYA
1. Bidang Teknik
Insinyur Perangkat Lunak dapat
menggunakan multimedia di komputer Simulasiuntuk apa pun untuk pelatihan
seperti pelatihan atau industri. Multimedia untuk interface perangkat lunak
sering dilakukan sebagai sebuah kolaborasi antara profesional kreatif dan
insinyur perangkat lunak.
2. Bidang Industri
Di sektor industri, multimedia
digunakan sebagai cara untuk membantu informasi hadir untuk pemegang saham,
atasan dan rekan kerja. Multimedia juga sangat membantu untuk menyediakan
pelatihan karyawan, iklan dan penjualan produk di seluruh dunia melalui hamper
teknologi berbasis web unlimited.
3. Bidang Penelitian Ilmiah
Dalam penelitian matematika dan
ilmiah, multimedia terutama digunakan untuk pemodelan dan simulasi. Sebagai
contoh, seorang ilmuwan dapat melihat model molekul zat tertentu dan
memanipulasinya untuk tiba pada suatu zat baru. Perwakilan penelitian dapat
ditemukan di jurnal seperti Journal of Multimedia.+-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar